UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID SMA NEGERI 1 GAMPING

Aplikasi Wijayakusuma Exam Browser didesain untuk siswa dan merupakan aplikasi ujian  yang dikembangkan oleh SMA Negeri 1 Gamping  untuk kebutuhan ujian sekolah, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Aplikasi Wijayakusuma Exam Browser merupakan aplikasi untuk kepentingan pendidikan dan digunakan siswa untuk melaksanakan ujian tertulis berbasis android.

Aplikasi ini pada dasarnya merupakan aplikasi ujian untuk mengganti peran kertas ujian. Ujian berbasis android di buat untuk mengurangi jumlah penggunaan kertas dan ikut menyelamatkan  serta melestarikan hutan indonesia. Aplikasi ini digunakan karena mampu mengumpulkan nilai hasil ujian secara cepat setelah semua siswa yang mengikuti ujian selesai mengerjakan soal ujian. Adapun alasan lain dibangunnya aplikasi ini adalah :

  1. Hemat kertas, tidak ada lagi penggandaan soal dengan bahan kertas.
  2. Hemat biaya, kebetulan sekolah sudah memiliki komputer server yang biasa digunakan untuk ujian nasional dan jaringan wifi lokal yang bisa diakses dari semua ruang kelas.
  3. Hemat tenaga dan waktu, tidak ada lagi penggandaan soal dan koreksi jawaban yang membutuhkan banyak waktu.
  4. Memotivasi guru dan siswa supaya tidak gaptek.
  5. Kecurangan siswa sangat kecil karena soal untuk setiap siswa diacak.

Wijayakusuma Exam Browser dikembangkan khusus untuk mengakses ujian dari handphone Android dengan fitur-fitur keamanan, untuk menghindari kecurangan pada waktu pelaksanaan ujian. Adapun fitur-fitur kemanan dan kelebihan lain yang terdapat pada Wijayakusuma Exam Browser adalah:

  1. Selama pelaksanaan ujian, siswa tidak bisa keluar dari aplikasi. Siswa bisa keluar aplikasi apabila token diberikan oleh pengawas ujian.
  2. Selama proses ujian, akses tombol home dan tombol activity, pada Handphone tidak bisa difungsikan.
  3. Selama proses ujian, akses screen shoot dan screen record tidak bisa dilakukan. Tujuannya agar soal-soal yang sedang dikerjakan tidak bisa direkam, untuk menghindari kebocoran soal ujian.
  4. Tampilan Wijayakusuma Exam Browser fullscreen, sehingga lebih nyaman menggunakannya.
  5. Khusus ujian menggunakan handphone, Aplikasi ujian pada server tidak bisa diakses bila menggunakan browser selain Wijayakusuma Exam Browser. Tetapi bila ujiannya dilakukan dari komputer, ujian diakses menggunakan browser safeexambrowser.

Namun demikian dengan beberapa keunggulan yang sudah disebutkan di atas, masih juga ada beberapa kelemahan dari sistem ini, antara lain :

  1. Sistem operasi handphone harus android.
  2. Kebutuhan listrik untuk server dan jaringan wifi harus menyala terus.
  3. Kebutuhan perangkat server dan jaringan yang memenuhi standart :
  4. Komputer dengan spesifikasi minimal processor i3, memory 8 GB, HDD SSD 250 GB, Bios support Virtualisasi, Sistem Operasi : Windows 7/8/10 32/64 Bit.
  5. Kabel LAN (kami menggunakan merk Belden)
  6. Access Point (kami menggunakan merk Ubiquity)

Pada awalnya Aplikasi Wijayakusuma Exam Browser ini hanya didesain untuk digunakan di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Gamping saja, karena berjalan dengan menggunakan jaringan wifi lokal sekolah. Namun, karena saat ini di Indonesia dan seluruh Negara sedang mengalami bencana wabah corona, sehingga pemerintah mewajibkan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online akhirnya pihak sekolah SMA Negeri 1 Gamping mengembangkan aplikasi ini agar bisa digunakan secara online dan aplikasi ini sudah digunakan untuk ujian UTS secara online yang diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI dari tanggal 6 April 2020 sampai 16 April 2020.

Comments are closed.